Pemukiman Paling Utara Dan Selatan Di Bumi

, , No Comments
Paling Selatan
Kepulauan Diego Ramírez di Cili merupakan tempat hunian manusia paling selatan di luar kutub, di mana dari gugusan kepulauan ini Pulau Águila merupakan lokasi yang paling selatan dan tidak berpenghuni, berada pada koordinat lintang 56° 32' 9" LS. 

Namun hunian paling selatan sesungguhnya adalah di Pulau Gonzalo di mana terdapat Stasiun Meteorologi.  Pulau ini berada pada koordinat 56° 31' 24.68" LS dan 68° 43' 7.12" BB.

Baru pada tahun 1892 kepulauan ini ditasbihkan sebagai permukiman paling selatan di bumi, setelah sebelumnya dimiliki oleh  Kepulauan Sandwich Selatan yang masuk teritori Inggris.  Hal ini terjadi setelah pemerintah Cili menyewakan kepulauan ini untuk wisata pemancingan dan membangun mercu suar.

Kepulauan ini terdiri dari 2 bagian yaitu utara dan selatan, bagian utara dinamai Rocas del Norte dengan 5 pulau di dalamnya yaitu Slote Cabezas, Islote Peñailillo, Isla Norte, Islote Martínez dan Islote Mendoza.  
Bagian selatan dengan 6 gugusan pulau yaitu Islote Santander, Islotes Vergara, Isla Bartolomé, Islote Pontevedra, Islote GarcíaIslote Ester, dan Isla Gonzalo, dengan 2 terbesar adalah Bartolome dan Gonzalo.

Lihat Diego Ramírez di peta yang lebih besar


Paling Utara
Alert, di Nunavut Kanada merupakan permukiman manusia paling utara di bumi, tercatat ada sekitar 74 orang penduduk yang juga bergantung musim dan cuaca berdasarkan sensus tahun 2011 yang kebanyakan merupakan para pekerja dan peneliti.  Di tempat ini juga terdapat fasilitas militer Kanada.  Kutub utara hanya berjarak sekitar 508 mil atau 817 km lagi dari Alert, sehingga disebut puncak dunia.

Tempat ini seperti juga hampir mirip dengan di kutub, di mana siang dan malam masing-masing berlangsung lama masing-masing sekitar 5 bulan dalam setahun.  D sini selain terdapat fasilitas militer Kanada, juga terdapat stasiun pengamatan cuaca dan atmosfer global, serta pelabuhan udara.  Di sini juga terdapat kehidupan satwa antara lain muskoxen, arctic hares, rubah, caribou, burung, dan serigala.


Lihat Alert di peta yang lebih besar

0 komentar:

Post a Comment