Kembali Ngampus

Kembali ke kampus dan bergelut dengan yang namanya kuliah memang memberikan nuansa lain dalam keseharian.  Setelah 16 tahun lulus s1, tahun ini saya kembali ke dunia kampus  dengan nuansa berbeda.

Kali ini saya kuliah lanjutannya alias s2, dengan membawa pengalaman dari luar alias dunia kerja. Memang salah satu alasan saya kuliah lagi adalah ingin mereview apakah pengalaman-pengalaman selama 16 tahun bergelut di kehidupan luar kampus atau dunia nyata secara keilmuan sudah oke atau tidak. Saya 'memaksakan' ikut kuliah lagi karena boleh dikatakan sudah merupakan tuntutan profesionalisme bagi saya saat ini di dunia bisnis yang saya geluti. Entah kategorinya saya ini kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah.

Nuansa lain adalah saya yang selama ini malas yang namanya membaca, kali ini mau tidak mau harus memaksakan diri untuk membaca, studi literatur, browsing-browsing di dunia maya yang notabene kegiatannya adalah berteori, membaca teori-teori, konsep, dalam rentang waktu yang lama (paling tidak selama kuliah).

16 tahun adalah rentang hibernasi dari dunia non akademis yang lumayan panjang juga nampaknya, buktinya saya adalah mahasiswa paling tua di angkatan saya, namun itu tentu tidak mengendurkan semangat kuliah dan saya jadikan sebagai motivasi untuk tidak ketinggalan sama yang muda. Teman-teman kuliah saya sekarang jauh lebih muda, bahkan lebih dari 50% teman seangkatan adalah fresh graduate dan belum married. 

Tantangan lainnya adalah saya harus bisa membagi waktu antara cari duit alias kerja dan kuliah beserta seabreg tugasnya. Namun di sisi lain saya merasa inilah kuliah yang sesungguhnya, karena sekarang saya mempunyai tujuan yang lebih jelas dari apa yang saya pelajari di kuliah, yaitu untuk meningkatkan kredibiltas di dalam pekerjaan saya.

Pada saat kuliah sekarang ini saya selalu membanding-bandingkan apa yang saya dapat di kuliah dengan apa yang telah saya temui dan lakukan dalam pekerjaan-pekerjaan saya yang terdahulu.  Ternyata banyak yang selama ini saya anggap sudah ok, ternyata belum ada apa-apanya.  Itu justru menambah semangat saya untuk lebih giat lagi cari-cari nuansa lain selama kuliah, barangkali akan keluar ide-ide baru yang bisa saya lakukan selain tentunya lulus kuliah secepat mungkin.

Welcome dunia kampus...

Comments